:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Sabtu, 27 November 2010

Al Hikmah Kurbanan 1431 H

Penyembelihan hewan kurban tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pelaksanaan yang biasanya dilaksanakan pada Hari pertama seusai Sholat Ied, tahun ini dilaksanakan pada kedua yaitu Hari Rabu, 17 Nopember 2010. Penyembelihan dilakukan mulai pukul 07.30 WIB di komplek Masjid Al Hikmah dengan jumlah hewan kurban sejumlah 4 ekor sapi. Daging hewan tersebut diantaranya didistribusikan kepada 133 jamaah masjid, selebihnya diberikan ke luar daerah yang masih dinilai minus daging.

Tahun ini banyak proposal permintaan daging/hewan kurban yang masuk”, kata Rajiyo, S.Pd, Ketua penyembelihan. Proposal yang ada diseleksi dan dikonfirmasi via telepon, bekerja sama dengan masjid sekitar, sehingga tidak ada daging menumpuk pada masjid/jamaah pada daerah tertentu. Secara prinsip jamaah Masjid Al Hikmah, dari 4 ekor sapi dan dengan hasil daging kurang lebih 450 kg, sudah sangat tercukupi, selebihnya kita salurkan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan, tambah Rajiyo.

Kegiatan selesai pada 12.00 WIB, dan sebagai catatan, tahun ini proses penyembelihan berjalan cepat, lancar, tertib, kebersihan pengelolaan daging lebih terjaga serta daging dalam sehat dan layak dikonsumsi dilihat tidak adanya cacing dalam hati hewan yang disembelih. *[adm].

Selengkapnya → Al Hikmah Kurbanan 1431 H

Sholat Idul Adha 1431 H

Selasa, 16 Nopember 2010 bertempat di Komplek Jembatan Timbang Kulwaru pukul 06.30 WIB, Panitia Penyelenggara Sholat Ied (PPSI) yang merupakan organisasi gabungan dari masjid-masjid dilwilayah Triharjo, Kulwaru dan Ngestiharjo melaksanakan Sholat Ied. Diikuti kurang lebih 3000 jamaah, sholat yang dipimpin Drs. Suyatno itu berjalan lancar. “Alhamdulillah, dari tadi malam sampai dengan selesainya Sholat Ied tidak turun hujan”, kata Dwi Sekretaris PPSI. Dalam Khutbahnya Suyatno mengajak kepada jamaah untuk berempati kepada korban bencana meletusnya Gunung Merapi, dan menjadikan erupsi Merapi sebagai sarana meningkatkan ketaqwaan kepada Sang Khaliq, Alloh Azza Wa Jalla.

Dari hasil perhitungan infak Sholat Idul Adha, yang langsung dilaksanakan pada malam harinya, selepas Sholat Isya’ di Serambi Masjid Al Hikmah Toyan, diperoleh uang sebesar Rp. 4.159.000,-. Sebagian infak dialokasikan melalui masjid-masjid anggota PPSI dan sebagian disumbangkan ke Bencana Merapi. Semoga bermanfaat. *[adm]

Selengkapnya → Sholat Idul Adha 1431 H

Takbiran Idul Adha 1431 H

Menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha 1431 H yang jatuh pada Selasa, 16 Nopember 2010, Remaja Islam Masjid akan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan. Diantaranya pembuatan kupat pada Senin Pagi, 15 Nopember 2010, Pengajian dan takbiran pada malam Selasa. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana kegiatan malam Idul Adha biasanya diisi dengan takbir keliling atau sekedar takbir di lingkungan masjid, malam Idul Adha tahun ini dilaksanakan pengajian yang disampaikan oleh Bapak Haji Mujadi dari Ngestiharjo.
Tujuan pengajian ini adalah lebih menyemarakkan malam Idul Adha, karena biasanya kalo sekedar kupatan dan takbiran, animo dari jamaah agak berkurang”, kata Hanum, Ketua Rismas. Dalam pengajian disampaikan bahwa dengan kurban tahun ini, diharapkan lebih meningkatkan taqarrub kita kepada Alloh SWT. Amin, Semoga. *[adm]

Selengkapnya → Takbiran Idul Adha 1431 H

Kamis, 04 November 2010

Butuh Wakaf Buku Perpustakaan


Seiring kebutuhan pengetahuan santri dan rismas TPA, dan untuk membiasakan budaya membaca, perlu rasanya untuk membuat ruang perpustakaan tersendiri. Buku-buku Perpustakaan ABATA Book Corner sementara ini ditempatkan di ruang komputer lantai 2. Beberapa waktu lalu dengan proposal kepada beberapa penerbit telah terkumpul kurang lebih 200 judul buku. “Bagi pembaca website yang berkenan memberikan hibah atau wakaf buku bisa menghubungi admin website atau di nomor 0856 4328 4006”, kata Mas Aan, Pengelola ABATA Book Corner. Dengan jargon perpustakaan Change your mindset, diharapkan budaya membaca bisa tercipta di The Big Family of Al Hikmah Toyan. *[adm]

Selengkapnya → Butuh Wakaf Buku Perpustakaan

Pemasangan Atap/Kanopi


Mulai Hari Rabu, 27 Oktober 2010, lingkungan masjid agak sedikit kotor dan terdengar suara bising mesin diesel. Pasalnya mulai hari tersebut, pemasangan atap/kanopi fiber mulai dilaksanakan. Pemasangan ditempatkan di sela antara bangunan masjid dan bangunan TPA. Bangunan seluas kurang lebih 59 meter persegi tersebut, diharapkan bisa mendukung pelaksanaan kegiatan masjid. Diantaranya untuk pengajian hari besar, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, dan untuk keseharian bisa digunakan sebagai parkir sepeda dan motor jamaah. *[adm]

Selengkapnya → Pemasangan Atap/Kanopi

Wajah Baru Al Hikmah


Walaupun minimalis, akhirnya keinginan untuk membuat pagar depan masjid terwujud. Dengan dana yang diperoleh dari Infak Panitia Penyelenggara Sholat Ied Jembatan Timbang Kulwaru dan dana dari Takmir masjid, Kamis 14, Oktober 2010 pagar itupun terpasang. Semoga selain bisa menambah kerapian masjid, pagar diharapkan juga bisa menambah keamanan. *[adm]

Selengkapnya → Wajah Baru Al Hikmah

Kumpul Sanggar Dan TPA 10102010


Setelah sekian lama kegiatan luar masjid tidak ada, Ahad, 10 Oktober 2010 bertempat di Joglo Merah, dilaksanakan gathering sanggar. Kegiatan diikuti oleh 5 sanggar, diantaranya Sanggar Seni ABATA Al Hikmah Toyan, Sanggar Harmoni Bendungan, Sanggar Bunga Padi Giripeni, Sekolah Mbrosot, dan Gemas Ngestiharjo.

Dalam kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut, diisi dengan Outbond, Motivasi dan kreasi masing-masing sanggar. Pada kesempatan tersebut Sanggar Seni ABATA menampilkan puisi teatrikal dengan iringan musik gitar dan biola oleh Mas Iman dan Mas Aan. “Senang rasanya melihat anak-anak semangat dan gembira mengikuti acara tersebut. Harapannya semangat tersebut tetap terbawa dalam pelaksanaan kegiatan TPA dan kegiatan di Masjid Al Hikmah Toyan,” kata Hanum, salah satu fungsionaris rismas. Tampak hadir pula beberapa senior sanggar dan ustadz TPA, Kusuma, Ina, Mita, Suyatin. *[adm]

Selengkapnya → Kumpul Sanggar Dan TPA 10102010

Siap Idul Adha 1431 H


Menghadapi Idul Adha 1431 H, walaupun waktu masih beberapa saat, Senin, 04 Oktober 2010, telah melaksanakan rapat persiapan dalam menghadapi Idul Adha, terutama pelaksanaan penyembelihan kurban yang telah menjadi agenda rutin setiap Idul Qurban datang.
Adapun agenda rapat pada malam tersebut adalah pembentukan Panitia Qurban 1431 H, dan teknis pelaksanaan penyembelihan. Hasil rapat diantaranya Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Qurban dijabat oleh Radjiyo, S.Pd. Selain itu dibentuk juga Sekretaris, Bendahara dan beberapa bidang untuk membantu tekis penyembelihan diantaranya, Bidang Humas, Bidang Perencanaan Daging, Bidang Perlengkapan, Bidang Konsumsi, Bidang Transportasi, Bidang Pembelian Hewan, Bidang Penjualan Kulit, Bidang Penyembelihan, Bidang Distribusi Girik, Bidang Pembagian Daging, Bidang Koordinator Tenaga dan Bidang Keamanan.

Sementara calon peserta qurban yang telah mendaftar, sejumlah 24 orang dengan kategori hewan sapi. *[adm]

Selengkapnya → Siap Idul Adha 1431 H